Apa yang sebenarnya seorang inginkan ketika datang ke sebuah cafe dan memesan secangkir kopi? Memang sebuah pertanyaan yang terdengar konyol, yang pasti mereka membutuhkan secangkir kopi tapi disamping itu semua, mereka ingin merasa dilayani seperti manusia bukan hanya dianggap sebagai pelanggan.
Penuhi kebutuhan manusiawi dari pelanggan Anda maka mereka
pun akan tidak segan untuk berkunjung kembali. Anggap diri Anda sebagai seorang
pelanggan, ketika berkunjung ke toko kita disapa dengan ramah dengan senyuman sambil
menunjukkan tempat yang nyaman untuk duduk sambil menikmati suasana toko. Direkomendasikan
produk terbaik yang menjadi andalan tempat tersebut serta disuguhkan dengan baik
dan ramah.
Apapun binis Anda, bisa mencapai sebuah kesuksesan jika Anda
bisa tetap membuat pelanggan merasakan hal yang sama ketika berkunjung ketempat
Anda. Buat pelanggan Anda kembali dengan memberikan rasa nyaman ketika berkunjung
ke tempat Anda.
Pada dasarnya orang lebih cenderung menyukai berbisnis dengan orang yang mereka suka. Oleh
karena itu, fokuslah untuk membangun hubungan dengan mereka, bangun hubungan tersebut melebihi apa yang
Anda berikan untuk mereka dan juga produk yang kita sajikan untuk mereka.
Terkadang para pelanggan enggan untuk berkeliling mencari toko
yang paling murah, oleh karena itu senyuman menjadi hal yang akan lebih berharga
dari sebuah potongan harga. Permintaan maaf
atas kesalahan pemilihan bahan mungkin akan lebih memenangkan kesetiaan pelanggan
dibanding dengan penggunaan bahan yang tepat dari awal.
Para pelanggan jarang sepenuhnya bersifat rasional, mereka selalu
mencari cara untuk berhubungan pada suatu tingkat manusiawi dengan orang lain.
Dengan menunjukkan empati yang nyata akan kebutuhan dan keinginan pelanggan, akan
menghasilkan dampak yang luar biasa.
Seorang pebisnis yang berhasil tidak hanya menciptakan sebuah produk lalu
berusaha menjualnya, tapi mereka mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan
lalu menciptakannya. Daripada mengakali pelanggan lebih baik kita menyuguhkan
yang terbaik yang mampu melalui
kebutuhan pelanggan.
Sebuah rahasia yang membuat Anda bisa menghindari kegagalan adalah;
segala sesuatu harus didasari pada apa yang seharusnya dikehendaki pelanggan Anda.