Sudah tahu apa bedanya bisnis Anda dengan bisnis lain yang serupa?
INGAT !!!!
Jika
Produk Anda tidak berbeda dari lainnya, jangan harap menjadi produk
yang terpilih. Jika produk Anda tidak berbeda dari produk pesaing, maka
jangan berharap produk Anda akan membuat orang lain tertarik
Apa Sih Diferensiasi?
Pada
dasarnya diferensiasi adalah tindakan merancang satu set perbedaaan
yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran
pesaing (Kotler, 1997)
Di
zaman sekarang ini, dimana era internet sudah sedemikian majunya,
diferensiasi akan membantu Anda memenangkan persaingan dan bersama
inovasi, akan membuat bisnis Anda bisa “survive” dan “sustain”
menghadapi persaingan bisnis.
Diferensiasi
tidak mutlak harus berbeda secara signifikan, diferensiasi bisa saja
berbeda dalam hal-hal yang umum dan kadang tak terpikirkan.
Apa
yang Tony Fernandes ( Air Asia ) lakukan bisa jadi sebuah contoh nyata
bagi Anda, Tony Fernandes yang merupakan seorang akuntan, menganalisis
komponen biaya yang ada di dalam industri pesawat terbang, ia
mengurangi komponen-komponen biaya yang dianggap tidak penting. Hal
detail seperti SOP cara pilot mendaratkan pesawat pun menjadi sorotan
beliau, sehingga terjadi efisiensi dalam penggantian ban pesawat
Bagaimana Cara Diferensiasi di Bangun?
Diferensiasi bisa dibangun lewat 5 hal berikut :
1. Diferensiasi Produk
Apa
pembeda produk Anda dengan produk yang lain, pembeda yang dimaksud bisa
meliputi pembedaan dalam hal dimensi ( ukuran, jenis, bentuk dll) atau
kinerja, keandalan dan kesesuaian dan kemudahan untuk diperbaiki.
2. Diferensiasi Harga
Ingat
tidak selalu harga yang lebih murah yang lebih laku, ada tipe konsumen
yang `value oriented`, tidak menjadikan harga sebagai satu-satunya hal
yang membuat mereka membeli suatu produk. Jadikan produk anda berbeda
bukan karena harga yang murah, tapi karena mempunyai kualitas yang
bagus.
3. Diferensiasi SDM
Karyawan
Anda secara langsung mencerminkan bisnis Anda, jika ada karyawan yang
tidak baik maka akan merusak citra bisnis Anda. Ada beberapa aspek yang
perlu Anda perhatikan diantaranya mengenai SOP dan kemampuan, sopan
santun, kredibilitas dan juga kemampuan berkomunikasi karyawan.
4. Diferensiasi Channel
Masih
ingat keripik fenomenal maicih dengan model distribusi melalui
jendral-jendralnya di lokasi-lokasi tertentu, nah diferensiasi seperti
itu terbukti bisa menimbulkan rasa penasaran bagi calon konsumen. Contoh
lainnya bisa melalui layanan `delivery service` yang diterapkan.
5. Diferensiasi Layanan
Layanan
yang baik, akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi pelanggan. Salah
satu contohnya dengan memberikan garansi produk, yang akan membangun
kredibilitas `brand` kita.