Perlunya Diferensiasi Dalam Bisnis



Sudah memiliki bisnis? 

Sudah tahu apa bedanya bisnis Anda dengan bisnis lain yang serupa? 

INGAT !!!! 

Jika Produk Anda tidak berbeda dari lainnya, jangan harap menjadi produk yang terpilih. Jika produk Anda tidak berbeda dari produk pesaing, maka jangan berharap produk Anda akan membuat orang lain tertarik 

Apa Sih Diferensiasi? 

Pada dasarnya diferensiasi adalah tindakan merancang satu set perbedaaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing (Kotler, 1997) 

Di zaman sekarang ini, dimana era internet sudah sedemikian majunya, diferensiasi akan membantu Anda memenangkan persaingan dan bersama inovasi, akan membuat bisnis Anda bisa “survive” dan “sustain” menghadapi persaingan bisnis. 

Diferensiasi tidak mutlak harus berbeda secara signifikan, diferensiasi bisa  saja berbeda dalam hal-hal yang umum dan kadang tak terpikirkan. 

Apa yang Tony Fernandes ( Air Asia ) lakukan bisa jadi  sebuah contoh nyata bagi Anda, Tony Fernandes yang merupakan seorang akuntan, menganalisis komponen biaya yang ada di dalam industri  pesawat terbang, ia mengurangi komponen-komponen biaya yang dianggap tidak penting. Hal detail seperti SOP cara pilot mendaratkan pesawat pun menjadi sorotan beliau, sehingga terjadi efisiensi dalam penggantian ban pesawat   

Bagaimana Cara Diferensiasi di Bangun? 

Diferensiasi bisa dibangun lewat 5 hal berikut :

1. Diferensiasi Produk 

Apa pembeda produk Anda dengan produk yang lain, pembeda yang dimaksud bisa meliputi pembedaan dalam hal dimensi ( ukuran, jenis, bentuk dll) atau kinerja, keandalan dan kesesuaian dan kemudahan untuk diperbaiki.

2. Diferensiasi Harga 

Ingat tidak selalu harga yang lebih murah  yang lebih laku, ada tipe konsumen yang `value oriented`, tidak menjadikan harga sebagai satu-satunya hal yang membuat mereka membeli suatu produk. Jadikan produk anda berbeda bukan karena harga yang murah, tapi karena mempunyai kualitas yang bagus.

3. Diferensiasi SDM 

Karyawan Anda secara langsung mencerminkan bisnis Anda, jika ada karyawan yang tidak baik maka akan merusak citra bisnis Anda. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan diantaranya mengenai SOP dan kemampuan, sopan santun, kredibilitas dan juga kemampuan berkomunikasi karyawan. 

4. Diferensiasi Channel 

Masih ingat keripik fenomenal maicih dengan model distribusi melalui jendral-jendralnya di lokasi-lokasi tertentu, nah  diferensiasi seperti itu terbukti bisa menimbulkan rasa penasaran bagi calon konsumen. Contoh lainnya bisa melalui layanan `delivery service` yang diterapkan.

5. Diferensiasi Layanan 
Layanan yang baik, akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi pelanggan. Salah satu contohnya dengan memberikan garansi produk, yang akan membangun kredibilitas `brand` kita.

Hak Cipta oleh Media Medan
Official Media Medan