Setelah action, modal, dan pengelolaan usaha sudah kita bahas pada artikel 6 Rahasia Bagaimana Mendirikan Sebuah Bisnis (Bagian 1) berikut ini adalah 3 rahasia lanjutan untuk mendirikan sebuah bisnis :
4. Pemasaran
Pemasaran merupakan pembicaraan yang sering sekali menjadi
topik di antara para pengusaha. Namun pemasaran menjadi titik kelemahan para pebisnis
untuk mengembangkan usahanya. Banyak pengusaha yang memiliki produk yang bagus serta
berkualitas tidak dapat laku karena kurangnya pemasaran yang dilakukan.
Kita kita terjun secara langsung operasional usaha kita harus
bisa memasarkan produk kita dengan trik serta strategi. Pada dasarnya prinsip pemasaran
untuk segala jenis usaha itu sama, yang membedakan adalah trik dan strateginya,
hal tersebut didasari oleh karakteristik bisnis tersebut.
Siapa orang yang lebih mengenal usaha Anda selain Anda sendri,
jadi Anda yang akan paling ahli dalam strategi serta trik tersebut. Oleh karena
itu, manfaatkan momentum Anda mendirikan usaha untuk mencoba berbagai strategi
yang ada. Dalam waktu 1-3 tahun pasti Anda akan menemukan strategi yang tepat untuk
usaha Anda.
5. Saran Konsumen
Setiap usaha memiliki kelebihan serta kekurangan didalamnya.
Jangan senang dulu dengan berbagai kelebihan usaha kita. Karena sesungguhnya
diluar sana banyak pesaing yang sedang mengamati kita. Jadi jika kita lengah
akan mudah untuk para pesaing melibas usaha kita.
Anda yang memiliki usaha tersebut sudah pastilah mengetahui kelebihan
dari usaha Anda, catatlah segala kelebihan tersebut. Untuk kekurangan dari usaha
kita terkadang kita sulit untuk menemukannya oleh karena itu mintalah orang lain
terutama konsumen untuk melihat apa saja yang kurang dari usaha Anda tersebut.
Setelah kita melihat segala kekurangan kita tersebut, segeralah
perbaiki. Dalam rentan waktu 1 tahun jika semua kekurangan yang ada diperbaiki maka
usaha Anda sudah kompetitif karena memiliki banyak kelebihan dibanding kekurangan.
6. Amati, Catat, dan Kembangkan
Jika bisnis Anda sudah berjalan lancar tanpa hambatan yang
berarti, tugas kita selanjutnya adalah mengamati. Amatilah pertumbuhannya
seperti kenaikan jumlah pelanggan serta mengapa mereka memilih tempat kita
untuk berbelanja.
Walaupun kita sudah bilang usaha kita sudah berjalan dengan lancar
tapi pasti dibalik itu semua masih terdapat kekurangan, bila kita menemukan kekurangan
tersebut segeralah catat dan segeralah diperbaiki.
Untuk kelebihan yang kita miliki pertahankan serta kembangkan.
Pengembangan kelebihan kita harus dilakukan secara berkala agar para pelanggan tidak
cepat merasa bosan. Salah satu contoh pengembangan usaha adalah setiap tiga bulan
sekali kita launching produk baru.
Action saja tidak cukup untuk mendirikan sebuah bisnis
tapi diperlukan seruntutan proses untuk proses menuju bisnis yang besar dan
berkembang.