Setiap bisnis ingin menjadikan pelanggannya
menjadi pelanggan yang loyal. Pelanggan yang loyal mengurangi biaya promosi dan
biaya akuisisi pelanggan baru yang seringkali jauh lebih besar.
Dengan
mempunyai pelanggan lama yang tetap loyal, kita tidak perlu melakukan proses
edukasi untuk meyakinkan mereka membeli atau menggunakan produk kita. Yang
perlu kita lakukan adalah menginformasikan produk terbaru yang sesuai dengan
kebutuhan mereka dan menjaga hubungan bisnis yang sudah tercipta.
Lantas apa saja hal yang membuat loyalitas
pelanggan bisa tercipta, berikut faktornya :
1. Adanya Perhatian dari Merek ( Caring)
Pelanggan adalah elemen dari bisnis, sehingga
masukan pelanggan harus bisa kita akomodir sebagai bentuk pengembangan bisnis. Anda
sebagai pemilik bisnis juga harus menjadikan produk sebagai solusi dan harapan
dari permasalahan pelanggan.
Selalu gali insight (masukan) dari
pelanggan terkait produk. Survei dan riset mengenai kebutuhan pelanggan akan
layanan atau produk kita. Lengkapi produk dengan fitur-fitur terbaru dan
evaluasi secara berkesinambungan agar apa yang Anda buat sesuai dengan apa yang
pelanggan mau.
2. Terciptanya Kepercayaan Terhadap Merek (Trust )
Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari
pelanggan. Kepercayaan datang dari sebuah keyakinan atas janji yang ditunaikan,
jadilah produk-produk yang memberi lebih “delivery over promise”
terhadap harapan pelanggan Anda.
Beri lebih, itu kuncinya. Lebih yang dimaksud
tidak perlu muluk-muluk. Salah satunya beri pelanggan tambahan porsi atau bonus
pada item produk yang diminta. Atau sekedar mengupgrade paket pengiriman
sehingga pelanggan mendapat kejutan ketika barang yang dipesan sampai lebih
cepat.
3. Merek Sebagai Pelindung ( Protect )
Pada bagian ini, pelanggan merasa bahwa
layanan atau produk yang Anda berikan adalah bagian melekat yang tak
terpisahkan dari kehidupan mereka. Tingkat ketergantungan yang dirasakan mereka
terhadap produk Anda sangat tinggi. Di bagian ini, mereka merasa Anda sudah
cukup untuk menjadi pemenuh kebutuhan mereka.
Jalin komunikasi antara merek dengan
pelanggan, bangun kedekatan dan ciptakan ketergantungan yang membuat pelanggan
menjadikan Anda sebagai pelindung. Jadilah yang terbaik dan bangun kehandalan
sehingga tidak ada niatan dari pelanggan untuk berpaling ke produk lain.
4. Kepuasan Terus Menerus (Continous Satisfaction)
Kualitas produk murni harus dipertahankan
bahkan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Rekomendasi dan
kesetiaan akan otomatis muncul jika Anda bisa memberikan kualitas yang sesuai
dengan apa yang mereka harapkan.
Bagaimana cara menciptakan kepuasan yang terus
menerus? Salah satu caranya bisa dengan membuat standardisasi yang sama di
setiap produk yang dibuat. Untuk Anda di bisnis kuliner, racikan masakan yang
dirasakan di setiap kesempatan dan tempat haruslah sama. Baik komposisi maupun
sambalnya.
Untuk para penyedia layanan jasa, kualitas
kerja dan layanan yang diberikan haruslah semakin baik dan selalu up-to-date,
sehingga kualitas yang kita berikan kepada pelanggan tetap terjaga.