4 Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Loyalitas Pelanggan


Setiap bisnis ingin menjadikan pelanggannya menjadi pelanggan yang loyal. Pelanggan yang loyal mengurangi biaya promosi dan biaya akuisisi pelanggan baru yang seringkali jauh lebih besar.  

Dengan mempunyai pelanggan lama yang tetap loyal, kita tidak perlu melakukan proses edukasi untuk meyakinkan mereka membeli atau menggunakan produk kita. Yang perlu kita lakukan adalah menginformasikan produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menjaga hubungan bisnis yang sudah tercipta.

Lantas apa saja hal yang membuat loyalitas pelanggan bisa tercipta, berikut faktornya :

1. Adanya Perhatian dari Merek ( Caring)

Pelanggan adalah elemen dari bisnis, sehingga masukan pelanggan harus bisa kita akomodir sebagai bentuk pengembangan bisnis. Anda sebagai pemilik bisnis juga harus menjadikan produk sebagai solusi dan harapan dari permasalahan pelanggan.

Selalu gali insight (masukan) dari pelanggan terkait produk. Survei dan riset mengenai kebutuhan pelanggan akan layanan atau produk kita. Lengkapi produk dengan fitur-fitur terbaru dan evaluasi secara berkesinambungan agar apa yang Anda buat sesuai dengan apa yang pelanggan mau.

2. Terciptanya Kepercayaan Terhadap Merek (Trust )

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan datang dari sebuah keyakinan atas janji yang ditunaikan, jadilah produk-produk yang memberi lebih “delivery over promise” terhadap harapan pelanggan Anda.

Beri lebih, itu kuncinya. Lebih yang dimaksud tidak perlu muluk-muluk. Salah satunya beri pelanggan tambahan porsi atau bonus pada item produk yang diminta. Atau sekedar mengupgrade paket pengiriman sehingga pelanggan mendapat kejutan ketika barang yang dipesan sampai lebih cepat.

3. Merek Sebagai Pelindung ( Protect )

Pada bagian ini, pelanggan merasa bahwa layanan atau produk yang Anda berikan adalah bagian melekat yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Tingkat ketergantungan yang dirasakan mereka terhadap produk Anda sangat tinggi. Di bagian ini, mereka merasa Anda sudah cukup untuk menjadi pemenuh kebutuhan mereka.

Jalin komunikasi antara merek dengan pelanggan, bangun kedekatan dan ciptakan ketergantungan yang membuat pelanggan menjadikan Anda sebagai pelindung. Jadilah yang terbaik dan bangun kehandalan sehingga tidak ada niatan dari pelanggan untuk berpaling ke produk lain.

4. Kepuasan Terus Menerus (Continous Satisfaction)

Kualitas produk murni harus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Rekomendasi dan kesetiaan akan otomatis muncul jika Anda bisa memberikan kualitas yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Bagaimana cara menciptakan kepuasan yang terus menerus? Salah satu caranya bisa dengan membuat standardisasi yang sama di setiap produk yang dibuat. Untuk Anda di bisnis kuliner, racikan masakan yang dirasakan di setiap kesempatan dan tempat haruslah sama. Baik komposisi maupun sambalnya.

Untuk para penyedia layanan jasa, kualitas kerja dan layanan yang diberikan haruslah semakin baik dan selalu up-to-date, sehingga kualitas yang kita berikan kepada pelanggan tetap terjaga.

Hak Cipta oleh Media Medan
Official Media Medan