Pelanggan adalah aset terbesar dalam bisnis. Semakin pelanggan loyal dan jumlah pelanggan semakin banyak maka akan semakin baik untuk bisnis. Database konsumen sangat berperan dominan, bahkan merupakan kebutuhan pertama sebelum pengelolaan pelanggan dilakukan. Dengan database kita bisa melakukan beberapa hal salah satu cara mengurangi jarak antara penjual dan pembeli.
Untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli, kita bisa
memberi informasi-informasi terkini seputar produk yang dijual. Fasilitas yang
bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Potensi nilai
konversi yang bisa didapatkan dari email pun dapat dikatakan besar. Lalu bagaimana
cara mendapatkan database dari pelanggan,
berikut beberapa caranya:
1. Melakukan Survei Pelanggan
Dalam mendapatkan database
pelanggan dengan survei, kita harus menentukan beberapa hal, seperti :
a. Teknisnya dalam melakukan survei.
b. Target survei.
c. Format survei.
Teknik survei harus ditentukan agar para surveyor tidak asal jalan saja atau
mendata dengan sembarangan. Saat melakukan survei, kita bisa melakukan dengan
dua cara yang dibedakan dari sumber daya manusianya. Pertama, Anda bisa menggunakan
tenaga outsource surveyour atau kedua, Anda bisa langsung menurunkan tim sales untuk melakukan survei.
Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing pilihan, hal ini
tergantung pada besar budget, tujuan
dari survey, dan data yang dibutuhkan.
2. Program Membership
Cara ini sudah banyak dilakukan oleh minimarket dan
supermarket untuk mengetahui database
pelanggan. Dari program tersebut, Kita bisa mengetahui data pembelian perbulan,
produk favorit, data pribadi, dan kontak pelanggan. Strategi ini akan berhasil
bila didukung dengan benefit yang
menarik bagi pelanggan.
Potongan harga adalah benefit
yang paling banyak ditemui dari program membership.
Anda bisa menawarkan langsung kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian
berulang maupun pelanggan yang baru sekali melakukan pembelian.
3. Melakukan Pameran
Pameran adalah tempat yang berpotensi untuk mendapatkan data
calon pelanggan. Anda bisa meminta pengunjung pameran untuk mengisi buku tamu.
Agar pengunjung mau mengisi buku tamu, Anda harus memberikan hadiah yang menarik.
Anda juga bisa melakukan undian berhadiah
kepada pengunjung yang memasukan kupon berisi biodata ke kotak pengundian.
4. Menawarkan Newsletter
atau Ebook
Biasanya newsletter
berisi tentang update info dari
website tersebut, baik info produk maupun info artikel terbaru. Ebook berisi tentang strategi bisnis
atau konten pembelajaran lainnya yang bermanfaat. Semakin bermanfaat newsletter dan ebook, semakin banyak orang yang tertarik. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan
perangkat email subscription pada website Anda.
5. Menjaring Melalui Social
Media
Social media
sekarang merupakan media yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.
Bagaimana mendapatkan database dari media
sosial? Pada awalnya harus membangun interaksi yang baik dahulu, membagikan
berbagai hal yang bermanfaat dan membangun ikatan dengan fans/followers Anda di media sosial.
Setelah semua itu terlaksana,
maka Anda baru bisa mendapatkan database
dari social media dengan membagikan
sesuatu yang bermanfaat tapi dengan syarat memberikan database untuk pengiriman file tersebut. Sistemnya mirip dengan email subscription.