Cara Mendapatkan Database Pelanggan



Pelanggan adalah aset terbesar dalam bisnis. Semakin pelanggan loyal dan jumlah pelanggan semakin banyak maka akan semakin baik untuk bisnis. Database konsumen sangat berperan dominan, bahkan merupakan kebutuhan pertama sebelum pengelolaan pelanggan dilakukan. Dengan database kita bisa melakukan beberapa hal salah satu cara mengurangi jarak antara penjual dan pembeli.

Untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli, kita bisa memberi informasi-informasi terkini seputar produk yang dijual. Fasilitas yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Potensi nilai konversi yang bisa didapatkan dari email pun dapat dikatakan besar. Lalu bagaimana cara mendapatkan database dari pelanggan, berikut beberapa caranya: 

1. Melakukan Survei Pelanggan

Dalam mendapatkan database pelanggan dengan survei, kita harus menentukan beberapa hal, seperti :

a. Teknisnya dalam melakukan survei.

b. Target survei.

c. Format survei.

Teknik survei harus ditentukan agar para surveyor tidak asal jalan saja atau mendata dengan sembarangan. Saat melakukan survei, kita bisa melakukan dengan dua cara yang dibedakan dari sumber daya manusianya. Pertama, Anda bisa menggunakan tenaga outsource surveyour atau kedua, Anda bisa langsung menurunkan tim sales untuk melakukan survei.

Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing pilihan, hal ini tergantung pada besar budget, tujuan dari survey, dan data yang dibutuhkan.

2. Program Membership

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh minimarket dan supermarket untuk mengetahui database pelanggan. Dari program tersebut, Kita bisa mengetahui data pembelian perbulan, produk favorit, data pribadi, dan kontak pelanggan. Strategi ini akan berhasil bila didukung dengan benefit yang menarik bagi pelanggan.

Potongan harga adalah benefit yang paling banyak ditemui dari program membership. Anda bisa menawarkan langsung kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian berulang maupun pelanggan yang baru sekali melakukan pembelian.

3. Melakukan Pameran

Pameran adalah tempat yang berpotensi untuk mendapatkan data calon pelanggan. Anda bisa meminta pengunjung pameran untuk mengisi buku tamu. Agar pengunjung mau mengisi buku tamu, Anda harus memberikan hadiah yang menarik.  Anda juga bisa melakukan undian berhadiah kepada pengunjung yang memasukan kupon berisi biodata ke kotak pengundian. 

4. Menawarkan Newsletter atau Ebook

Biasanya newsletter berisi tentang update info dari website tersebut, baik info produk maupun info artikel terbaru. Ebook berisi tentang strategi bisnis atau konten pembelajaran lainnya yang bermanfaat. Semakin bermanfaat newsletter dan ebook, semakin banyak orang yang tertarik.  Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan perangkat email subscription  pada website Anda.

5. Menjaring Melalui Social Media

Social media sekarang merupakan media yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Bagaimana mendapatkan database dari media sosial? Pada awalnya harus membangun interaksi yang baik dahulu, membagikan berbagai hal yang bermanfaat dan membangun ikatan dengan fans/followers Anda di media sosial.

Setelah semua itu terlaksana, maka Anda baru bisa mendapatkan database dari social media dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat tapi dengan syarat memberikan database untuk pengiriman file tersebut. Sistemnya mirip dengan email subscription.

Hak Cipta oleh Media Medan
Official Media Medan