Sudah memasuki awal tahun 2014. Saat yang tepat bagi Anda para pengusaha atau calon pengusaha untuk merevisi atau membuat target-target bisnis Anda di tahun 2014. Salah satu yang harus mulai Anda pikirkan adalah mengenai target market.
Setiap pengusaha dan calon pengusaha harus bisa menjawab pertanyaan tentang target market
bisnisnya. Target market akan menentukan produk apa yang sesuai, berapa
harganya dan lewat saluran apa untuk menjualnya serta banyak hal
lainnya.
Definisi target market bisa berbeda di tiap orang namun secara sederhana
target market adalah “objek jualan” Anda. Akan percuma bila Anda punya
produk bagus namun tidak ada yang membeli sehingga penting buat para
pengusaha atau calon pengusaha bisa mendefinisikan dan mendeskripsikan
target market mereka.
Bagaimana cara menentukan target market Anda, berikut beberapa klasifikasinya
1. Berdasarkan Demografi
Demografi adalah cara paling sederhana untuk menentukan target market
Anda, di dalam demografi ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab
a. Gender : Mayoritas laki-laki atau perempuan kah yang menikmati produk
Anda? Selera laki-laki dan perempuan dalam suatu produk bisa
berbeda-beda. Contoh : Jika produknya busana, perempuan cenderung suka
yang feminim, sementara laki-laki lebih suka yang macho atau tampil
elegan.
b. Usia : Berapa kisaran umur dari penikmat produk Anda, ini penting
untuk membantu Anda menentukan strategi promosi produk Anda. Bahasa yang
digunakan untuk dewasa akan berbeda dengan anak muda.
c. Area : Klasifikasi ini bisa berhubungan dengan banyak hal mulai
dari jenis pekerjaan (mata pencaharian mayoritas penduduk), selera
konsumen, adat istiadat, perilaku umum, dll. Kenali secara mendalam
karakter masyarakat yang menjadi target market Anda.
Contoh : Kaum urban (yang tinggal di tengah kota) bisa mempunyai karakter yang sibuk, cuek, dan ingin cepat.
2. Kelas Sosial
Untuk mengkategorikan kelas sosial, Anda bisa menggunakan pengukuran
yang dilakukan oleh salah satu lembaga riset (Nielsen). Metode yang
digunakan adalah pengukuran dari tingkat pengukuran bulanan. Lazim
disebut SES (Social Economic Status).
Pengambilan data untuk SES ini dilakukan di 10 kota besar, dan hasil definisi SES 2010 adalah sebagai berikut :
SES A: 3.000.000 +
SES B: 2.000.000 – 3.000.000
SES C1: 1.500.000 – 2.000.000
SES C2: 1000.000 – 1.500.000
SES D: 700.000 – 1000.000
SES E : < 700.000
3. Psikografi
Secara sederhana bisa disebut oleh gaya hidup (lifestyle). Dari analisis sederhana saya, ada beberapa jenis klasifikasinya :
a. Urban/Modis : market ini mengedepankan
b. Gaul : market ini selalu ingin produk-produk yang uptodate
c. Alay : kaum ini cenderung ingin aktualisasi diri
d. Tech Geek : berisi kumpulan orang-orang yang senang kepada teknologi ( gadget, komputer, dll)
Dengan mengetahui kelas social dari target market anda, akan memudahkan
anda untuk menentukan harga produk yang sesuai untuk kelas yang anda
tuju.