Sikap Pengusaha Menghadapi Perubahan



Di era sekarang pengusaha dituntut untuk peka terhadap berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Perubahan ini tidak hanya menyangkut perubahan iklim atau perubahan alam, melainkan perubahan yang terjadi di lingkup bisnis. Pengusaha yang memiliki target sukses dalam beberapa tahun kedepan dituntut untuk peka terhadap perubahan ini. Peka disini adalah menggunakan perubahan yang terjadi sebagai suatu kesempatan untuk terus berkembang. Kami memberikan beberapa pemikiran dan strategi yang bisa dilakukan untuk pengusaha 

1.       Lingkungan 

Perubahan ini menyangkut berubahnya iklim dan kondisi alam sekitar. Strategi yang bisa diterapkan oleh pengusaha adalah menerapkan strategi produk yang ramah lingkungan. Produk yang ramah lingkungan bisa dimulai dari kemasan maupun isi/konten dari produk tersebut. Inovasi perlu dilakukan agar produk kita memberikan manfaat ke konsumen dan juga tidak membahayakan lingkungan sekitar. 

2.       Era Digital 

Perubahan era digital merupakan salah satu perubahan yang sangat fenomenal. Perubahan ini didorong oleh majunya teknologi dan pengusaha dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal yang bisa dilakukan adalah gunakan strategi komputasi digital untuk menerapkan strategi penjualan produk. Salah saru tren saat ini adalah berkembangnya bisnis online. Strategi ini merupakan salah satu alternatif sales channel yang bisa dilakukan pengusaha untuk meningkatkan penjualan. 

 3.       Informasi 

Hampir semua pengusaha sukses meyakini bahwa kesuksesan usaha mereka salah satunya disebabkan oleh penggunaan informasi dengan baik. Penggunaan informasi ini bisa melalui media TV, cetak, dan salah satu yang sangat ampuh adalah informasi internet. Selain itu, informasi internet bisa kita gunakan untuk menambah pengetahuan strategi bisnis, internet juga menjadi strategi pemasaran yang ampuh. Salah satu perubahan paling nyata dari keberadaan internet adalah hadirnya social media, media ini menjadi media yang sangat digandrungi masyarakat saat ini. Pengusaha dituntut pintar untuk bisa mensinergikan strategi pemasaran dengan media sosial. 

4.       Era Konsumen 

Jika dulu ada istilah company-driven product, sekarang saatnya consumer-driven product. Inilah perubahan penting yang perlu diketahui oleh semua pengusaha. Setelah perubahan lingkungan, digital dan era informasi, kami akan memberikan pemikiran kami bahwa saat ini bukannya era produsen mendikte konsumen, saat ini adalah era produsen mendengar konsumen. Istilah diatas menjadi salah satu istilah terkenal yang dipakai di hampir semua perusahaan besar, kesuksesan produk kita ditentukan jika kita mau mendengar apa maunya konsumen. Untuk perubahan ini, lakukanlah komunikasi dengan konsumen, lakukan riset pasar sehingga kita tahu apa keinginan konsumen. 

Hak Cipta oleh Media Medan
Official Media Medan