Pernah ga sih Anda mendapat calon pelanggan yang tidak jadi membeli hanya karena restoran Anda tidak punya mesin EDC ( Electronic Debit Card) atau ada pembeli yang tertarik namun tidak jadi membeli karena tidak ada layanan delivery. Itu semua bagian dari layanan yang tentunya akan membantu Anda meningkatkan penjualan.
Selain
hal-hal diatas ada beberapa hal lain yang bila Anda optimalkan akan membantu Anda meningkatkan omset penjualan.
1. Garansi
Garansi
digunakan untuk meyakinkan konsumen akan layanan Anda. Ini bisa diterapkan kepada calon konsumen
baru yang belum mengenal Anda. Ada beberapa jenis garansi
a. Money Back
Guarantee
( Garansi Uang Kembali)
Biasanya ini adalah bentuk
jaminan pengembalian utuh uang Anda apabila layanan yang diberikan tidak
sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Jargon ini sering dipakai untuk training-training bisnis
berharga mahal untuk meyakinkan orang untuk datang.
b. Garansi Sparepart
Penyedia
layanan otomotif (penjualan, jasa service, aksesoris, dll) biasa menggunakan
garansi sparepart untuk
mendukung layanannya. Umum digunakan garansi selama kurun waktu tertentu.
2. Jasa Pengiriman (Delivery
Order)
Tidak
semua orang suka akan antrian yang panjang, beberapa orang lebih suka menunggu
makanan di rumah dan memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan hal yang lain.
Jasa pengiriman makanan umumnya dipakai sebagai layanan tambahan oleh produk di bidang kuliner namun sekarang secara meluas juga
sudah dipakai oleh semua jenis produk online (online shop).
3. Jasa Konsultasi
Untuk Anda yang menjual produk-produk high involvement seperti software,
pembuatan Web,
aplikasi atau karya-karya lain yang butuh penjelasan dalam pengoperasiannya.
Maka sebaiknya Anda menyertakan layanan konsultasi produk untuk membantu pelanggan Anda menentukan jenis
produk apa yang pas untuk mereka.
4. Alternatif Layanan Pembayaran
Di zaman cashless society seperti
zaman sekarang ini, banyak orang yang tidak membawa uang tunai dalam jumlah
yang besar. Sehingga kita harus memudahkan mereka melakukan pembayaran
dengan metode pembayaran lewat EDC atau kartu kredit. Jenis lain bisa juga
dengan memberi kemudahan seperti uang muka atau bahkan metode cicilan.
5. Kemudahan Pemesanan Produk
Mudahkan
calon pelanggan untuk menghubungi Anda dengan alternatif kontak yang Anda berikan (no telepon berbagai operator) juga gunakan layanan instant messaging (BBM, Whats App, Line, dll) siagakan 1-2 handphone khusus
untuk memaksimalkan layanan ini.
6. Mempermudah Layanan Produk
Zaman
sekarang, pemesanan tiket kereta api tidak harus datang langsung ke stasiun, namun cukup
mendatangi minimarket yang menyediakan layanan pertukaran tiket. Pembelian CD lagu juga bisa kita
dapatkan di restaurant-restaurant cepat
saji. Tidak perlu lagi datang ke toko kaset.
Permudah
calon pelanggan untuk mendapatkan produk Anda melalui jaringan-jaringan yang Anda punya. Perbanyak reseller, distributor atau agen-agen di area-area tertentu. Untuk produk
di bidang makanan atau cemilan bisa menggunakan mekanisme
konsinyasi produk dengan rumah makan.