Jika Anda berusaha untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda tapi bingung apa yang harus Anda lakukan, mungkin Anda harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar ini. Jawab pertanyaan ini sejujur mungkin, jika ada jawaban yang tidak Anda harapkan, maka Anda harus bisa membenahinya sehingga sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Menjawab pertanyaan-pertanyaan diharapkan akan berdampak signifikan terhadap penjualan dan semangat Anda.
1. Hal Terbaik Apa yang
Anda Sukai dari Bisnis Anda?
Ketika Anda memiliki passion terhadap sesuatu, passion itu
akan mempengaruhi aktivitas yang lain. Jadi, tentukan alasan yang membuat Anda
menyukai pekerjaan Anda dan integrasikan ke semua area kerja. Sebagai contoh,
jika Anda suka untuk “networking” maka Anda bisa menggunakan pendekatan
terhadap suatu “network” dalam melakukan penjualan.
2. Hal Apa yang Paling
Tidak Anda Sukai Dalam Bisnis?
Tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan akan ada selalu
aktivitas yang tidak kita sukai, yang harus Anda lakukan adalah meminimalisir
aktivitas itu atau bahkan menghindarinya.
3. Hal Apa yang Paling
Pelanggan Anda Sukai dari Anda?
Mudah-mudahan Anda sudah mendapatkan testimonial positif dan
komentar puas dari pelanggan Anda. Kenali apa yang membuat mereka puas dengan
layanan Anda, jika Anda belum tahu Anda bisa mulai bertanya kepada
pelanggan-pelanggan Anda.
4. Apa yang Pelanggan
Anda Sukai dari Pesaing Anda?
Calon klien Anda akan sering membandingkan Anda dengan
pesaing Anda, temukan hal-hal yang bisa jadi peningkatan untuk produk Anda dari
pelanggan Anda. Pelanggan Anda adalah sumber evaluasi yang bagus.
5. Apa Alasan Utama Calon
Klien Anda Memutuskan Untuk Berbisnis dengan Anda?
Calon klien sering kali membuat keputusan untuk membeli
berdasarkan sesuatu yang sama sekali tidak terduga, bisa jadi karena komentar
spontan Anda ketika presentasi, ketika Anda berhasil melakukan “closing”
tanyakan kepada calon klien Anda kenapa mereka setuju dengan penawaran Anda,
jadikan bagian tersebut ada dalam presentasi penjualan Anda.
6. Apa Alasan Utama Calon Klien Anda Memutuskan
Untuk Tidak Berbisnis dengan Anda?
Ketika Anda gagal melakukan “closing” atau penjualan Anda
ditunda sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan, cari tahu alasan mereka
melakukan penundaan tersebut. Hal ini memang rumit karena mungkin saja calon
klien Anda tidak akan bercerita kepada Anda, apalagi jika hal tersebut
menyangkut reputasi buruk Anda.
7. Mana dari
Aktivitas Mingguan Anda yang Tidak Berkontribusi Terhadap Penjualan Anda?
Dalam kegiatan penjualan tentunya juga melibatkan
kegiatan-kegiatan yang bukan merupakan kegiatan penjualan seperti mengisi
dokumen, menyusun laporan atau menghadiri rapat internal, kenali “value of
time” dari waktu Anda. Jika memang diperlukan, rekrut asisten yang bisa
membantu Anda.
8. Bagian Mana dari Kegiatan
Penjualan yang Anda Lebih Unggul di Dalamnya dan di Bagian Mana Anda Bekerja Lebih?
Menilai kinerja diri sendiri memang sulit, namun hal ini
harus Anda lakukan untuk bisa menjawab pertanyaan ini. Cara terbaik adalah
meminta orang lain untuk menilai kinerja Anda. Semoga dengan hal ini Anda bisa
menilai diri Anda dan bisa mengevaluasinya.