Jaga Pelanggan Anda Dengan Membuat Komunitas Pelanggan



Bagi Anda yang sudah mengenali bagaimana kriteria para konsumen sekarang saatnya membuat para pelanggan yang sudah mencoba  produk Anda agar hal tersebut menjadi kebiasaan. Habit  atau kebiasaan tersebut bila dilakukan secara belanjut akan mengakar karena dipupuk dengan kepuasan pelanggan dari pelayanan yang telah kita berikan. 

Jangan terlalu senang dulu bila saat awal membuka usaha banyak pelanggan yang berkunjung ke tempat Anda.  karena mungkin pelanggan yang datang saat itu hanya mau mencoba promosi di tempat Anda.

Jangan buat pelanggan Anda lari, buatlah komunitas pelanggan kita agar kita bisa menjaga mereka, berikut ini langkah-langkah mudah untuk membangun komunitas bisnis :

1. Database Building

Untuk memulai sebuah komunitas pelanggan, Anda perlu mengetahui siapa saja orang-orang yang pernah menggunakan produk Anda. Mulailah untuk membangun database dari  konsumen secara komprehensif dari para pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda.

2. Continious Loyality Program

Buatlah program kesetiaan pelanggan melalui keanggotaan yang kita buat. Hal tersebut akan menarik jika kita membuat event secara berkelanjutan dan tidak hanya sekali saja. Pelanggan yang loyal selalu ingin mengadakan kegiatan secara berkelanjutan bukan hanya sesekali saja.

3. Customer Reward Management

Berikan reward atau penghargaan yang berarti untuk para pelanggan Anda yang setia. Alokasikan dana untuk memberikan reward kepada pelanggan-pelanggan yang setia ini, karena biasanya biaya yang kita keluarkan tersebut akan kembali kepada kita berupa pelanggan-pelanggan baru yang biasanya datang karena pelanggan loyal tadi.

4. Costomer Communication Program

Buatlah komunikasi yang berkelanjutan serta jelas, program ini bisa dalam bentuk direct-mail,  telepon toll free.

Dalam konteks bisnis yang canggih ini terintegrasi dari suatu model yang disebut CRM (Customer Relation Management)

Bila kita ada dalam posisi pelanggan, sudah pasti yang kita harapkan adalah perlakuan yang istimewa serta pelayanan yang memuaskan. Bila biasanya keanggotaan hanya diganjar dengan potongan ketika mereka belanja, cobalah membuat point reward agar para pelanggan yang datang tidak hanya puas dan senang, tapi juga akan kembali datang karena adanya poin untuk dikumpulkan.

Sadar atau tidak setiap pelanggan yang puas dan senang berbelanja di tempat Anda akan membawa pelanggan baru untuk Anda.

Hak Cipta oleh Media Medan
Official Media Medan