Bagi Anda yang sudah mengenali bagaimana kriteria para konsumen sekarang saatnya membuat para pelanggan yang sudah mencoba produk Anda agar hal tersebut menjadi kebiasaan. Habit atau kebiasaan tersebut bila dilakukan secara belanjut akan mengakar karena dipupuk dengan kepuasan pelanggan dari pelayanan yang telah kita berikan.
Jangan terlalu senang dulu bila saat awal membuka usaha
banyak pelanggan yang berkunjung ke tempat Anda. karena mungkin pelanggan yang datang saat itu
hanya mau mencoba promosi di tempat Anda.
Jangan buat pelanggan Anda lari, buatlah komunitas pelanggan
kita agar kita bisa menjaga mereka, berikut ini langkah-langkah mudah untuk membangun
komunitas bisnis :
1. Database
Building
Untuk memulai sebuah komunitas pelanggan, Anda perlu mengetahui
siapa saja orang-orang yang pernah menggunakan produk Anda. Mulailah untuk membangun
database dari konsumen secara komprehensif
dari para pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda.
2. Continious
Loyality Program
Buatlah program kesetiaan pelanggan melalui keanggotaan yang
kita buat. Hal tersebut akan menarik jika kita membuat event secara berkelanjutan
dan tidak hanya sekali saja. Pelanggan yang loyal selalu ingin mengadakan kegiatan
secara berkelanjutan bukan hanya sesekali saja.
3. Customer
Reward Management
Berikan reward atau penghargaan yang berarti untuk para
pelanggan Anda yang setia. Alokasikan dana untuk memberikan reward kepada
pelanggan-pelanggan yang setia ini, karena biasanya biaya yang kita keluarkan tersebut
akan kembali kepada kita berupa pelanggan-pelanggan baru yang biasanya datang karena
pelanggan loyal tadi.
4. Costomer
Communication Program
Buatlah komunikasi yang berkelanjutan serta jelas, program
ini bisa dalam bentuk direct-mail, telepon toll
free.
Dalam konteks bisnis yang canggih ini terintegrasi dari
suatu model yang disebut CRM (Customer Relation Management)
Bila kita ada dalam posisi pelanggan, sudah pasti yang kita harapkan
adalah perlakuan yang istimewa serta pelayanan yang memuaskan. Bila biasanya keanggotaan
hanya diganjar dengan potongan ketika mereka belanja, cobalah membuat point
reward agar para pelanggan yang datang tidak hanya puas dan senang, tapi juga
akan kembali datang karena adanya poin untuk dikumpulkan.
Sadar atau tidak setiap pelanggan yang puas dan senang
berbelanja di tempat Anda akan membawa pelanggan baru untuk Anda.